Makanan Khas Toraja

 

Toraja, sebuah suku di Sulawesi Selatan yang terkenal akan rumah adat tongkonan, ritual pemakaman, dan ukiran kayunya ini telah menjadi sorotan dunia internasional karena kekayaan budayanya.

Suku yang berdiam di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara ini selain memiliki kekayaan budaya, juga memiliki beragam makanan khas toraja yang unik dan hanya dapat anda temukan di Toraja.

Berikut daftar makanan dari Toraja yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke sana.

1.Pantollo ‘Bale

Pantollo 'Bale

Pantollo ‘Bale

Pantollo’ Bale merupakan makanan khas tana toraja menggunakan bahan dasar ikan. Bale sendiri berarti ikan dalam bahasa toraja. Hidangan ini biasanya menggunakan ikan mas sebagai bahan dasarnya.

Namun dalam perkembangannya banyak juga yang menggunakan ikan lele, maupun ikan air tawar lainnya. Pantollo’ Bale biasa disajikan tidak berkuah, namun hanya digoreng atau dipanggang lalu diberikan bumbu rempah-rempah yang khas dari tana Toraja.

2.Pantollo Ledong

Makanan khas suku toraja yang satu ini hampir sama dengan makanan sebelumnya. Hanya saja Pantollo Ledong tidak berbahan dasar ikan belut belut. Belut dimasak dan diolan dengan cara pemarasam atau cara membuat rawon kemudian dicampur dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas Toraja. Hidangan ini biasanya disajikankan dalam acara khusus seperti prosesi prosesi adat masyarakat Toraja.

3.Pa ‘piong Manuk

Hidangan unik selanjutnya adalah makanan khas toraja pa’piong Manuk. Manuk disini berarti ayam, dari namanya saja kita bisa mengetahui makanan ini berbahan dasar daging ayam. Hidangan ini adalah sesuatu yang menggunakan bambu.

Biasa Pa ‘Piong di saji kan dengan sayur bulu nangkoatau biasa disebut mayana dan bisa juga menggunakan Burak atau pohon pisang yang masih muda. Aroma bambu bakar yang khgas ini selalu diburu oleh wisatawan.

4.Pa’piong Bale

Pa ‘Piong Bale adalah makanan khas toraja pa piong yang berbahan dasar Bale atau ikan. Ikan dicampur dengan bumbu rempah rempah khas toraja kemudian ditambahkan ke dalam bambu dan kemudian dibakar.

Ikan yang digunakan adalah ikan mas yang kemudian ditambah dengan daun bulunangko atau mayana. Perpaduan renyah dan gurihnya daging ikan, ditambah aroma khas bambu bakar dijamin akan membuat anda ketagihan saat menyantap hidangan ini.

5.Pa’Piong Babi / Duku

pa piong makanan khas toraja yang selanjutnya adalan pa ‘piong duku. Duku sendiri memiliki arti Babi, sehingga bisa kita ketahui apakah ini berbahan dasar daging babi. Proses pembuatannya juga sama dengan olahan pa ‘piong yang lain, yaitu campuran rempah dan dibakar dengan bambu.

Namun biasanya bumbu untuk pa’piong bai ini docampur juga lombok katokkon itu cabe asli dari toraja yang bisa menambah cita rasa pedas yang khas.

6.Pokon

Makanan khas tanah toraja yang tak kalah unik dan enak adala pokon. Hidangan ini berbahan dasar santan kelapa, beras yang dicampurkan dengan santan, kemudian dibungkus dan direbus sampai matang. Hidangan ini biasa disajikan saat ada acara syukuran.

7.Kririk

Kririk merupakan makanan khas toraja sulawesi selatan yang mirip dengan makanan Pokon. Yang membedakan keduanya daun yang dipakai untuk membungkusnya. Kririk biasanya dibungkus dengan daun aren yang masih muda. Hidangan kririk ini juga biasanya disuguhkan dalam upacara pengucapan syukur saat selesai panen.

8.Deppa Tori

Deppa dalam bahasa indonesia berarti kue. Makanan ringan khas toraja yang satu ini biasa dibuat oleh oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Makanan berbahan tepung beras. Anda dapat dengan mudah menemukan di toko oleh oleh atau di tempat wisata.

9.Tu ‘tuk utan

Tu’tuk dalam bahasa indonesia memiliki arti tumbuk. Sedangkan utanmemiliki arti sayur. Jadi, Tu ‘tuk utran adalah sayur yang ditumbuk.

Proses pembuatannya yaitu daun singkong (utan) ditumbuk halus lalu dimasak dengan daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditambahkan parutan kelapa dan cabe rawit. Daging yang biasa digunakan adalah daging babi, namun ada juga yang memvariasikan dengan ikan.

10.Tollo ‘Burak

Makanan khas toraja burak ini merupakan makanan yang cukup unik. Hidangan Tollo ‘Burak terbuat dari bahan dasar batang pisang. Untuk sebagian orang mungkin merasa aneh dengan batang pisang yang tidak karena tidak lazim di daerah lain.

Pada walnya masyarakat toraja memasak Daging Ayam atau Daging Babi dengan Batang Pisang yang sudah di cincang tipis lalu dimasak bersama dengan Daging Ayam atau Daging Babi. Meski tidak laazim, tapi anda wajib mencicipinya saat anda berkunjung ke Toraja karena rasanya sangat enak.

11. Palopo

Palopo lah yang khas toraja yang berbahan dasar tepung sagu yang disiram air panas. Setelah itu adonan tersebut lalu dibentuk bulat-bulat kemudian dimasukan ke dalam kuah ikan atau kuah daging, dan ditambahkan sayuran.

Meski pembuatannya cukup sederhana sih rasa dari masakan ini benar banget ketagihan. Proses pembuatan yang mudah dibuat resep makanan khas toraja yang satu ini sering dipraktekan dirumah oleh masyarakat.

12.Pangarang

Penggemar sate tentu tidak akan melewatkan satu ini. Pangarang merupakan sate khas toraja. Perbedaannya dengan sate pada umumnya adalah bumbunya. Di Toraja ini hanya mengandung sedikit saja garam lalu dibakar di atas baraapi. Setelah matang, sate biasa disajikan dengan cabe ulek dengan sedikit perasan jeruk nipis

13.Kapurung.

Makanan khas toraja kapurung merupakan makanan dari Toraja yang cukup terkenal. Yang memiliki bahan dasar ikan, sayuran, dan juga sagu ini memiliki rasa yang nikmat dan cukup bergizi.

Hidangan kapurung ini menggunakan beragam sayuran yaitu sayur bayam, kangkung, kacang panjang, ontong jantung pisang serta labu merah yang masih muda.

Selain sayuran, bahan lain yang digunakan dalam ikan ini adalah ikan bandeng, ikan teri yang digoreng, kemudian ditambah dengan sagu yang dimasak.

14.RW Patong atau Pa’tong

RW atau Tarki adalah sesuatu yang khas dari bahan dasar daging anjing dengan menggunakan berbagai macam bumbu dan rempah pilihan.

Yang membedakan adat Pa’tong dengan makan khas toraja yang lain adalah cara memasaknya dan juga bumbu-bumbu yang digunakan. Pa’tong terkenal dengan citarasa pedasnya yang luar biasa pedas karena menggunakan cabe rawit serta lengkuas sebagai bumbu pokoknya. 

Itulah beberapa makanan khas toraja dan penjelasannya yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke Toraja.

Setelah menikmati unikny amakan Toraja, tidak ada salahnya bagi anda untuk berkunjung ke Sumatera untuk mengadakan makanan khas pekanbaru yang tidak kalah lezat dan tentunya unik.

Makanan pekanbaru yang mayoritasa sama dengan makanan khas melayu identik dengan santan dan rasa pedas yang sangat digemari masyarakat indonesia. Menyeberang ke Jawa, Anda wajib menunjukkan makanan khas sukabumi saat anda berkunjung ke Jawa Barat.

Makanan khas yang kental dengan citarasa Sunda ini dijamin membuat anda ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *