Makanan Khas Tangerang

Sebuah kota kecil  di Provonsi Banten yang berbatasan langsung dengan Ibukota Indonesia ini tak jarang hanya dikenal orang sebagai kota seribu industri. Tak salah julukan itu melekat pada Tangerang, karena memang Tangerang memiliki lebih dari 1000 pabrik. Namun jangan salah, Tangerang memiliki banyak destinasi wisata dan makanan khas Tangerang yang wajib anda coba. Berikut beberapa makanan khas dari Tangerang yang tak boleh anda lewatkan.

  1. Laksa Tangerang

     Makanan khas Tangerang

    Laksa Tangerang

Hidangan olahan mie yang satu ini tentu sudah tidak asing di telingan kita. Makanan khas Tangerang Banten ini berbahan dasar mie berwarna putih yang sekilas terlihat seperti spagetti. Hal ini karena mie putih tersebut dibuat dari beras, sehingga teksturnya pun sedikit kasar.

Mie ini disajikan dengan kuah yang terdiri dari kentang, kacang hijau, santan dan kaldu ayam yang dimasak bersama.

Setelah diguyur kuah, kemudian laksa biasanya ditaburi daun kucai yang dirajang kecil. Selain itu Laksa biasanya disajikan bersama dengan tambahan telur atau daging ayam kampung.

Ada dua jenis penjual makanan khas Tangerang Laksa yang terkenal di Tangerang. Laksa Nyai yaitu laksa yang dibuat oleh pribumi Tangerang, dan Laksa Nyonya yaitu laksa yang dibuat oleh kaum peranakan Tionghoa yang ada di Tangerang.

 

  1. Gecom

Gecom merupakan salah satu makanan khas kabupaten Tangerang yang wajib anda coba.

Nama yang cukup unik ini berasal dari singkatan taoge oncom. Dari namanya dapat kita tau bahwamakanan ini berbahan dasar taoge dan oncom. Perpaduan taoge dan oncom ini kemudian disiram saus kacang dan kecap manis.

Kecap yang digunakan untuk hidangan gecom adalah Kecap SH, yaitu kecap asli Tangerang yang memiliki rasa khas yang unik.

 

  1. Nasi Sumsum Tangerang

Hidangan ini  merupakan hidangan makanan khas tangerang kota yang sudah mulai langka.  Nasi Sumsum Tangerang adalah nasi  yang diberi tambahan bahan sumsum sapi atau sumsum kerbau.

Nasinya sendiri dibuat dengan cara dicampurkan dengan rempah kemudian diaduk. Setelah proses pengadukan, selanjutnya nasi ditambahkan dengan sumsum, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Selanjutnya nasi dibakar hingga mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera. Rasa gurih yang khas dengan aroma daun pisang, membuat makanan ini selalu dicari wisatawan yang berkunjung ke Tangerang.

 

  1. Putu Mayang

Tak banyak yang mengetahui bahwa kudapan yang satu ini merupakan makanan khas Tangerang. Putu mayang mempunyai rasa legit yang khas dengan aroma harum dari pandan.

Kue basah yang satu ini memiliki bentuk seperti mie yang biasanya dibentuk bulat pipih. Teksturnya yang kenyal khas tepung beras, membuat makanan khas tangerang selatan ini nikmat disantap dengan kuah santan atau kuah dari gula merah yang manis.

Tampilannya yang warna warni membuat makanan ini juga digemari ank anak. Anda bisa mendapatkan Putu mayang ini di toko kue tradisional, maupun di Pasar tradisional.

  1. Bebek Sate

Makanan selanjutnya yang wajib anda coba adalah bebek sate. Penggemar sate tentu tidak akan melewatkan sate unik yang satu ini. Jika umumnya sate dibuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, makanan khas kota tangerang yang satu ini menggunakan daging bebek sebagai bahan dasarnya.

Jika belum pernah mencobanya pasti anda akan ragu memakannya karena daging bebek biasanya sedikit alot. Namun bebek sate ini dibuat dengan cara khusus sehingga daging bebeknya terasa empuk.

Bebek sate dibumbui dengan bumbu campuran santan, merica, serta tambahan bumbu dengan resep rahasia yang membuat rasa dan kualitas bebek sate ini terus terjaga. Hanya dengan 50.000 rupiah anda dapat menikmati kelezatan hidangan ini.

  1. Sate Bandeng

Satu lagi hidangan sate yang unik dari Tangerang, yaitu sate bandeng. Jika di jawa tengah ada makanan khas Semarang bandeng presto, Tangerang pun mempunyai makanan khas olahan bandeng yang tak kalah enaknya.

Bandeng sate merupakan sate yang populer dari Tangerang selain sate bebek. Sate bandeng dibuat dengan bumbu santan kelapa muda dengan ditambah bumbu rahasia yang khas. Ciri khas dari sate bandeng ini adalah duri ikan bandeng telah dihilangkan sehingga anda tidak perlu takut tertusuk atau menelan diri ikan bandeng seperti jika kita memakan bandeng.

Karena durinya sudah dihilangkan, tekstur sate ini menjadi empuk dan sangat lembut. Satu porsi sate bandeng hanya dibanderol sekitar 25.000 sampai 30.000 rupiah saja. Cukup terjangkau bukan, oleh karena itu banyak wisatawan yang selalu membeli sate bandeng ini untuk dibawa pulang.

  1. Pindang Bandeng

Tangerang ternyata memiliki satu lagi hidangan olahan bandeng. Yaitu pindang bandeng. Seperti yang telah kita ketahui pindang merupakan salah satu  jenis masakan tradisional berupa olahan ikan yang berkuah.

Bahan yang digunakan untuk membuat pindang bandeng khas Tangerang ini adalah antara lain bawang putih, daun salam, bawang merah, jahe, kunyit, dan anekabumbu tambahan lain.

Untuk menambah kekayaan cita rasa, biasanya pindang bandeng ini diberi tambahan kecap manis untuk memberikan rasa manis dan tambahan asam jawa atau belimbing sayur untuk menciptakan rasa asam. Rasa khas yang cukup unik ini membuat hidangan pindang bandeng ini digemari masyarakat.

  1. Sayur Besan

Dari namanya saja mungkin sudah membuat orang penasaran. Seperti yang kita ketahui besan adalah orang tua dari menantu. Hidangan ini bisa dibilang merupakan salah satu keunikan dari makanan khas tangerang dan cara pembuatannya pun cukup sederhana.

Bumbu yang terdiri dari bawang, cabai, salam, kunyit, jahe dan daun jeruk ditumis dan ditambahkan santan dan sayuran seperti buncis, petai, dan terubuk. Setelah matang kemudian ditambahkan soun.

Sayur besan ini biasanya dihidangkan kepada orang tua mempelai laki laki yang datang ke rumah orang tua mempelai wanita.

  1. Dodol Cilenggang

Tak hanya Garut saja yang terkenal denga dodolnya. Tangerang juga memiliki makanan khas berupa dodol.

Namanya adalah dodol Cilenggang. Rasa kenyal, legit dan manis yang khas dari dodol cilenggang ini membuatnya tak pernah ketinggalan diburu para wisatawan untuk dijadikan oleh oleh.

Makanan ringan khas tangerang ini juga dibuat dari beras ketan layaknya dodol pada umumnya. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh oleh dengan harga berkisar 25.000 sampai 50.000 per kilogramnya.

 

  1. Kue Jojorong

Salah satu jajanan tradisional khas tangerang ini tidak boleh anda lewatkan. Proses pembuatan kue ini masih menggunakan cara tradisional. Kue ini memiliki tekstur kenyal dengan citarasa manis.

Kue jojorong dibuat dengan bahan dasar  berupa tepung beras, tepung kanji dan gula merah. Bahan bahan tersebut dicampur menjadi satu hingga menjadi sebuah adonan. Kemudian dituangkan pada cetakan kecil.

Setelah dituang, kemudian ditaburi irisan gula merah. Setelah itu kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama beberapa menit.

 

Itulah beberapa makanan khas tangerang yang wajib anda coba ketika anda berkunjung ke Tangerang. Selain makanan khas tangerang, anda juga harus mencoba makanan khas palembang seperti pempek, tekwan, model, burgo dan lain sebagainya.

Kota yang terkenal dengan jembatan ampera dengan populasi tionghoa cukup besar itu memiliki makanan tradisional dengan rasa khas yang tidak ada di daerah lain.

Selain Palembang, di Timur juga ada makanan khas Maluku yang memiliki cita rasa tak kalah unik dan tradisional. Bila anda berkesempatan ke daerah timur, jangan lupa untuk mencobanya.

Baca Juga:  Makanan Khas Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *