Makanan Khas Solo

Kota kecil di Jawa Tengah yang terkenal dengan slogan “Solo the Spirit of Java” ini memiliki berbagai makanan khas Solo dengan rasa jawa yang kental. Membicarakan kuliner khas kota Solo memang tidak ada habisnya. Hampir semua makanan khas solo selalu menjadi sorotan. Berikut beberapa makanan dan minuman khas Solo yang wajib anda coba

1.Nasi Liwet

nasi liwet

nasi liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas daerah solo yang digemari wisatawan yang berkunjung ke Solo. Hidangan ini terdiri dari nasi gurih yang dilengkapi dengan sayur jipang, suwiran daging ayam, telur, santan kental, opor, dan berbagai bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang yang dipincuk atau dilipat dengan disematkan lidi.

Nasi liwet ini dapat anda temukan di daerah kraton Mangkunegaran dan di daerah stadion Manahan.

2.Serabi Notosuman

Serabi merupakan makanan ringan khas solo jawa tengah yang cukup populer. Salah satu serabi yang menjadi favorit masyarakat untuk dijadikan buah tangan adalah Serabi Notosuman.

Serabi yang berkembang di daerah Notosuman sejak tahun 1952 dibuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan.

Karena diproses tnpa minyak, tak jarang bagian bawah serabi terlihat gosong, namun aroma gosong inilah yang jadi khas nya lentur yang kenyal namun lembut, dipadukan dengan rasa manis nan legit dijamin membuat ketagihan.

3.Selat Solo

Salah satu makanan khas kota solo yang paling populer adalah selat Solo. Banyak orang menyebutnya steak jawa. Hidangan ini memang merupakan modifikasi dari steak ala barat namun dibumbui ala jawa.

Kata selat berasal dari bahasa Belanda “Slaatje” yang berarti salad. Bahan utama dari selat Solo ini adalah daging sapi yang diiris tipis yang dimasak dengan cara di semur.

Penyajian daging sapi ini juga didampingi dengan putih telur rebus, wortel, buncis, dan keripik kentang yang telah di tumis. Ciri dari makanan khas solo yang satu ini adalah saus semur nya yang terasa manis dan gurih.

4.Sosis Solo

Mendengar nama sosis yang terbayang di benak kita pasti sosis daging ala barat. Sosis solo bukanlah sosis yang terbuat dari daging seperti sosis ala Barat, melainkan terbuat dari kulit lumpia yang dilipat seperti risoles dengan isian daging sapi atau daging ayam yang dicincang lembut.

Ada tiga jenis sosis Solo yaitu sosis basah, sosis goreng dan sosis kukus. Harganya pun cukup terjangkau, hanya berkisan 3000 sampai 5000 rupiah saja per biji. Selat Solo dapat menjadi pilihan oleh oleh makanan khas solo jawa tengah yang dapat anda bawa pulang.

5.Timlo

Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai makanan khas berkuah, tak terkecuali Kota Solo. Timlo merupakan salah satu makanan khas Solo yang terkenal di kalangan wisatawan.

Hidangan ini terdiri dari daging ayam, jeroan ayam, potongan sosis solo goreng, telur ayam pindang khas warung timlo, yang diberi kuah sup dan di atasnya ditaburi bawang goreng yang renyah.

Salah satu warung Timlo yang paling terkenal adalah Timlo Sastro yang terletak di sudut pasar Gede. Sup Timlo dapat anda nikmati dengan harga yang terjangkau yaitu berkisar antara 7000 hingga 18000 rupiah saja per porsinya.

6.Sate Buntel

Pecinta sate kambing pasti tidak akan melewatkan makanan tradisional khas solo yang satu ini. Sate Buntel merupakan sate khas solo yang berbahan dasar daging kambing cincang, yang dibalut lemak kambing lalu dibakar.

Karena dibalut lemak kambing itulah sate ini dinamakan sate buntel, yang dalam bahasa jawa berarti bungkus/ balut. Sekilas sate buntel ini terlihat seperti sate lilit makanan khas Lombok. Satu porsi sate Buntel di

banderol dengan harga 40.000 rupiah. Salah satu warung sate Buntel yang cukup terkenal adalah warung sate Bu Hj.Bejo. Warung ini juga merupakan warung sate favorit Presiden Joko Widodo, anda wajib mencobanya.

7.Tengkleng

Tengkleng merupakan makanan khas solo yang berbahan dasar kambing. Sekilas hidangan ini terlihat seperti gulai hanya saja tengkleng memiliki kuah yang lebih encer.  Bagian dari kambing yang diolah menjadi tengkleng adalah tulang yang memiliki sedikit daging (tetelan), jeroan kambing, mata, pipi, kuping, dan lain sebagainya.

Warung tengkleng yang paling populer adalah warung milik bu edyem di Pasar Klewer. Satu porsi tengkleng dengan nasi di banderol dengan harga 20.000 rupiah, cukup terjangkau bukan? Namun bila tidak ingin kehabisan anda harus datang lebih awal.

8.Gudeg ceker

Gudeg ceker merupakan hidangan yang terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telur, daging ayam, dan ceker ayam. Gudeg ceker adalah salah satu makanan khas solo malam hari yang paling digemari. Salah satu penjual gudeg ceker yang paling legendaris adalah Gudeg ceker Bu Kasno.

Bu Kasno telah berjualan selama lebih dari 40 tahun untuk menyajikan Gudeg Ceker bagi para penikmat kuliner tengah malam. Warung gudeg ceker bu kasno terletak di daerah margoyudan dekat SMA 1 Solo. Warung bu kasno mulai buka jam 1 pagi hingga jam 5 pagi.

9.Intip

makanan intip khas solo menjadi salah satu makanan khas yang paling disorot karena keunikannya. Cara membuat intip ini dimulai dari pengambilan kerak nasi yang melekat pada nasi untuk dijemur dibawah terik matahari.

Setelah kering, kemudian digoreng dengan minyak panas. Biasanya intip dibentuk seperti mangkuk dan di atasnya diberi gula jawa cair.

Perpaduan rasa gurih dan manis menjadikan intip sebagai cemilan khas yang digemari wisatawan. Resep makanan khas solo intip ini dapat dengan mudah anda temukan di internet.

10.Ampyang

Ampyang merupakan nama lain dari gula kacang. Ampyang terbuat dari kacang, gula merah, dan jahe. Perpaduan citarasa manis, legit, dan sedikit pedas khas jahe membuat ampyang menjadi makanan khas solo untuk oleh oleh yang tidak pernah dilewatkan para wisatawan untuk dibawa pulang.

11.Rambak Petis

Selain ampyang ada satu lagi makanan kering khas solo yang cocok untuk dijadikan oleh oleh. Rambak terbuat dari kulit kerbau atau sapi yang digoreng kering. Karena hanya memiliki rasa gurih, rambak biasanya dipadukan dengan cocolan petis yang memiliki rasa manis yang sedikit pedas.

Untuk mendapatkan rambak petis ini tidak lah sulit karena dapat ditemukan di toko oleh oleh atau apabila anda ingin membeli langsung dari pabriknya, anda bisa langsung mengunjungi tempat produksinya di daerah Jebres, Solo.

Sudah tidak sabar bukan untuk mencicipi makan khas Solo?. Makanan yang kental dengan citarasa khas Jawa membuat siapapun yangberkunjung ke Solo tak pernah melewatkan untuk mencicipi makanan tradisionalnya.

Setelah dimanjakan dengan makanan kota Solo yang bercitarasa manis, sekarang saatnya menilik makanan khas manado yang tak kalah enaknya, seperti Cakalang fufu, dabu dabu, Sambal Roa, Woku Blanga, dan lain sebagainya.

Dari Manado beranjak ke Timur lagi, ada makanan khas papua yang memiliki keunikannya tersendiri. Sebut saja Kue Lontar, Papeda, Aunu senebre, martabak sagu, sate ulat, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *