Makanan Khas Semarang Jawa Tengah

Semarang sebagai Ibukota Jawa Tengah, merupakan salah satu tujuan wisata favorit masyarakat. Kota ini memiliki berbagai tengara yang terkenal, sebut saja lawang sewu, PRPP, Taman Maerokoco, Pantai Marina, Simpang Lima, dan lain sebagainya. Dengan tujuan wisata tentu saja makanan khas Semarang banyak dicari oleh wisatawan. Berikut beberapa makanan dan minuman khas Kota Semarang.

1. Lumpia

 

Semarang dijuluki sebagai kota lumpia

Lumpia

Seperti yang kita ketahui, Semarang dijuluki sebagai kota lumpia. Ya, Ibukota Jawa Tengah ini memang identik dengan . Lumpia adalah makanan khas asal Semarang yang merupakan perpaduan dari dua kebudayaan yaitu Jawa dan Cina. Makanan ini terbuat dari kulit tipis dari tepung terigu yang membalut isi yang biasanya terdiri dari rebung, telur, udang atau ayam. Anda bisa mendapatkan makanan khas Semarang ini hampir di semua kota Semarang. Penjual yang terkenal di Mataram, jalan pemuda, dan di jalan Lombok.

2.Soto Semarang

Soto semarang

Soto SEmarang

Jika kita perhatikan hampir semua daerah di nusantara ini memiliki sajian kuliner kuah yang disebut Soto. Tak terkecuali Semarang yang juga memiliki Soto Semarang sebagai makanan khas kota Semarang. Soto Semarang yang paling terkenal adalah Soto Bangkong. Soto bangkong telah berproduksi sejak tahun 1950 di perempatan Bangkong Semarang. Seiring berjalannya waktu Soto Bangkong telah berkembang dan membuka cabang di berbagai daerah. Soto ini terdiri dari daging ayam suwir, tomat, taoge, dan daun bawang.

3.Kue carang madu

Kue Carang madu atau Sarang madu

Kue Carang madu atau Sarang madu

Kue Carang madu atau Sarang madu adalah makanan kering khas Semarang yang wajib anda jadikan pilihan oleh oleh. Makanan ini terbuat dari santan dan tepung beras yang bagian atasnya diberi olesan gula merah. Rasanya yang gurih, manis nan renyah membuat kue ini tak pernah sepi peminat. Kue ini memiliki tekstur yang mudah hancur karena Anda harus berhati hati saat ada di dalam perjalanan.

4.Bandeng Presto

Bandebg Pestro

Bandeng presto

Ikan bandeng yang dimasak dengan panci bertekanan tinggi  ini oleh oleh makanan khas Semarang yang digemari oleh wisatawan. Bandeng Presto terasa sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal khasnya. Salah satu toko yang terkenal adalah Bandeng Juwana yang ada di jalan pandanaran Semarang. Bandeng presto ini merupakan makanan khas Semarang yang tahan lama karena dikemas dalam bungkus kedap udara tahan tahan berminggu-minggu jika disimpan di dalam freezer.

5.Wingko Babat

Wingko Babat merupakan makanan tradisional khas Semarang

Wingko Babat merupakan makanan tradisional khas Semarang

Anda pasti tidak asing dengar nama kudapan yang satu ini. Wingko Babat merupakan makanan tradisional khas Semarang yang digemari masyarakat. Unsur tradisional yang lekat dengan ini membuat para wisatawan tak pernah ter lewatkan membeli Wingko babat untuk oleh oleh. Wingko babat terbuat dari beras ketan yang di uleni dicampur dengan parut an kelapa yang dibakar.  Dalam perkembangannya sudah ada variasi rasa  dari coklat, nangka, durian, kelapa muda, dan lain sebagainya.

6.Tahu Pong

Tahu POng

Tahu pong adalah tahu yang digoreng garing

Tahu Pong menjadi salah makanan ringan khas Semarang yang paling digemari.  Tahu pong ini tidak memiliki isi alias kosong atau dalam bahasa jawa disebut kopong, jadi disebut tahu pong. Disajikan hangat dengan cocolan petis udang, didampingi acar dan uleg kasar cabai hijau. Tahu pong bisa menjadi alternatif pilihan karena makanan oleh oleh khas Semarang yang bisa anda jadikan buah tangan untuk sanak keluarga.

7.Tahu gimbal

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

Salah satu makanan khas semarang yang terkenal enak dan cocok di lidah banyak orang adalah tahu gimbal. Hidangan yang terdiri dari irisan ketupat atau lontong, tahu goreng, gimbal, telur, taoge, kol mentah cincang, dan disiram saus kacang dengan petis udang ini yang menjadi ciri khas dari makanan ini adalah adanya gimbal, yaitu bakwan dengan isian udang, dengan rasa gurih sedikit manis dan pedas Jangan lupa mencoba makanan khas Semarang  ini bila anda sedang melintas atau berkunjung ke Semarang.

8.Nasi Pecel

Nasi Pecel Semarang

makanan khas Semarang di Simpang Lima adalah Nasi Pecel

Salah satu makanan khas Semarang di Simpang Lima adalah Nasi Pecel. Nasi pecel khas Semarang dihidangkan dengan beraneka macam lauk pauk, dan juga bumbu kacang ditambah sayur yang sangat nikmat, terutama disantap dengan nasi yang hangat. Beberapa pilihan lauk antara lain adalah telur, ayam, hingga ikan ikanan bisa menjadi pendamping yang nikmat untuk menyantap pecel ini. Ada dua penjual Nasi Pecel di Simpang lima yang terkenal yaitu Pecel Bu Sumo dan Pecel Yu Sri.

9.Roti Ganjel Rel

roti ganjel rel Semarang

roti ganjel rel

Dalam bahasa bahasa Jawa, ganjel berarti pengganjal, dan rel berarti rel kereta api. Nama makanan khas Semarang. Relasi bahasa jawa ini yang berarti bantalan rel, karena bentuk roti tersebut yang mirip bantalan rel. Roti yang berwarna coklat nan memikat bertabur biji wijen ini memiliki tekstur yang padat dan sedikit banyak. Meski memiliki tekstur nya banyak, makanan khas Semarang yang satu ini memiliki cita rasa yang klasik yang unik seperti kita menuju jaman pendudukan Belanda. Rasa inilah yang menarik minat para wisatawan untuk kembali mencicipinya.

10.Wedang tahu

wedang tahu Semarang

wedang tahu Makanan Khas Semarang

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin minuman ini memang aneh. Tahu yang biasa dimakan malah. Minuman yang dibuat dari sari kedelai yang direbus sampai menjadi kembang tahu ini disajikan dengan kuah yang hangat. Rasa manis dari gula jawa dan rasa pedas dari jahe dan rempah lainnya menjadi perpaduan yang pas untuk disantap sebagai peng hangat badan, juga sebagai pendamping saat menikmati makanan khas daerah semarang. Anda bisa menemukan penjual wedang tahu di kawasan pecinan, geng lombok,atau pedagang keliling, dengan harga terjangkau.

11.Babat Gongso

Babat Gongso Semarang

Babat Gongso

Hidangan yang satu ini wajib dicoba bagi penggemar jeroan sapi. Babat Gongso adalah makanan khas di Semarang tepatnya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jalan Pemuda samping jembatan mberok. Babat Gongso terdiri dari potongan babat dan jeroan lainnya seperti limpa, hati, iso, atau paru yang suka dengan bumbu kecap yang kental. Rasa Pedas yang berpadu dengan manisnya kecap buatan  sangat digemari. Hidangan ini di banderol dengan harga Rp.25.000 hingga Rp.30.000 per porsi. Cukup mahal memang, namun rasanya yang mantap cukup sebanding dengan harganya.Itulah beberapa makanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh anda isi saat ini atau melintas di Kota Semarang.

Setelah melihat makanan khas dari Pulau Jawa, rasakan juga menengok makanan khas Maluku yang mungkin banyak masyarakat kita tidak mengenalnya banyak makanan khas Maluku yang dikenal masyarakat internasional. Setelah mengetahui makanan khas Maluku, mari berpindah ke Barat, yaitu Lampung. Makanan khas Lampung juga memiliki keunikan yang tidak ada di daerah lain seperti seruit, tempoyak, geguduh, engkak, lapis legit, dan lain sebagainya. Dari namanya saja sudah terdengar unik bukan? Jangan lupa untuk melihat artikel makanan khas Lampung dan Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *