Makanan Khas Riau

Riau merupakan suatu provinsi di pulau Sumatera. Provinsi yang berbatasan langsung dengan vietnam dan kamboja ini memiliki ragam makanan dan minuman khas riau , kebudayaan dan destinasi wisata. Setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata, para wisatawan biasanya akan dicari oleh oleh dan kuliner khas.  Makanan khas riau  juga merupakan kuliner yang selalu dicari wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Riau tanpa kendala makanan khasnya. Berikut makanan khas riau bisa dicoba penjelasannya  yang bisa menjadi referensi bagi anda.

  1. Mie Lendir

Mie lendir Riau Makanan khas riau

Dari namanya mungkin makanan ini bisa pria jijikan. Tapi jangan salah makanan khas daerah riau ini sangat digemari di daerah Batam. Makanan yang terdiri dari mie kuning rebus. Ditambah taoge dan telur rebus ini memiliki citarasa yang sangat enak. Jadi disantapnya kuah lendirnya masih hangat. Kuah Mie lendir ini terbuat dari kacang tanah, ubi, dan bumbu khas lainnya.

Bumbu khas inilah yang mie lendir menjadi urutan atas makanan khas riau dan cara pembuatannya  yang mudah menjadi daya tarik tersendiri. Jika anda berkesempatan Berkunjung Batam, anda tak boleh dilewati ini.

 

  1. Roti Canai riau
makanan khas riau

Roti Canai riau

Kudapan ini sudah bukan menjadi kudapan yang asing lagi. P {enjual roti canai sudah menyebar di seluruh indonesia bahkan di luar negeri. Kue berbentuk pipih yang berasal dari India ini juga bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura. Kelezatan roti yang ini roti canai menjadi primadona makanan khas melayu riau dan cara pemakaiannya cukup mudah.

Adonan roti canai ini diputar sampai tipis, kemudian dilipat dan dipanggang menggunakanminyak panas. Roti roti canai disajikan dengan kari daging kambing. Saat ini sudah ada varian rasa coklat, keju, dan kacang, bagi penggemar makanan manis.

  1. Ikan Selais Asap
Ikan Selais Asap

Ikan Selais Asap

Kuliner khas Riau berikut ini berbahan dasar ikan, yaitu ikan selais asap. Ikan ini merupakan ikan asli daerah Riau yang cukup digemari. Bila berkunjung ke Pekanbaru atau sekitarnya, anda akan menemukan banyak ikan selais yang diolah dengan cara di asap.

Makanan khas pekan baru  riau yang satu ini sangat renyah dan gurih. Apalagi jika ditambahkan dengan sambal merah yang pedas, dijamin akan membuat anda ketagihan.

  1. Asam pedas Baung
Makanan Khas Riau

Asam pedas

Kepulauan Riau memang kaya dengan kuliner berbahan dasar ikan. Asam Pedas Baung merupakan olahan ikan khas Riau yang digemari para pecinta kuliner. Baung merupakan ikan air tawar yang mengandung protein tinggi namun rendah lemak. Ikan ini habitatnya di Sungai Besar atau muara sungai. Hidangan ini menjadi unggulan makanan khas riau dan bahan-bahan yang  khasnya bisa bisa menarik pengunjung.

Asam Pedas Baung di racik dengan berbagai rempah rempah seperti jahe, kemiri, serai, cabe merah, lengkuas, daun kunyit, dan lain-lain. Kuah nya makanan khas provinsi riau  ini berwarna merah, dagingnya lembut dan kenyal dengan rasa yang khas.

  1. Sop tunjang
soptunjang

sop tunjang

Hidangan kuah kaldu nan gurih ini memang selalu bisa menggugah selera. Makanan khas dari riau yang berbahan dasar tulang berselimut daging ini kelezatan nya sudah jadi sohor hingga pelosok negeri. Sekilas ini mirip dengan sop kaki sapi makanan khas kudus.  Sup dengan kuah bening ini dengan bumbu yang khas dan rempah yang sup Tunjang memiliki citarasa yang kaya.

Sup dengan kuah bening ini dengan bumbu yang khas dan rempah yang sup Tunjang memiliki citarasa yang kaya. Selain daging yang dimasak sampai empuk, sumsum tulang sapinya juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menyantap sumsum yang ada di dalam tulang sapi ini dengan sedotan, Rasanya jangan bentar, dah buat ketagihan.

  1. Gong gong
Gonggong

gong gong

Gong Gong atau Siput adalah makanan khas riau kepulauan  yang cukup terkenal. Hidangan ini biasanya diolah dengan cara direbus lalu disantap dengan sambal khusus. Gong gong tidak hanya terkenal di Kepulauan riau tapi juga sudah dikenal ke Singapura, Malaysia, Thailand, Korea, hingga India karena kekhasan rasa dan aroma nya. 

Di Kepulauan Riau sendiri, hewan laut ini bisa ditemukan di desa Desa Lobam, Pulau Bintan, Tanjung Uban, dan Batam. Kandungan gizi Gong Gong cukup tinggi, bahkan sebagian orang mempercayai Gong Gong ini mampu meningkatkan hormon dan meningkatkan vitalitas. Itulah yang membuat gong gong menjadi ikon. 

Di Kepulauan Riau sendiri, hewan laut ini bisa ditemukan di desa Desa Lobam, Pulau Bintan, Tanjung Uban, dan Batam. Kandungan gizi Gong Gong cukup tinggi, bahkan sebagian orang mempercayai Gong Gong ini mampu meningkatkan hormon dan meningkatkan vitalitas. Itulah yang membuat gong gong menjadi ikon makanan khas kepulauan riau dan resepnya pun bisa divariasikan sesuai selera.

  1. Lempok Durian
lempok durian

lempok durian

lempok Durian merupakan  makanan ringan khas riau  sejenis dodol khas yang dibuat dari buah durian Siantan yang nikmat. Kudapan khas kepulauan Anambas ini memiliki rasa yang khas dan lebih legit, bila dibandingkan Lempok Durian buatan daerah lain.

Proses produksi lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan menggunakan teknologi sederhana. Untuk kebutuhan anda bisa membelinya di dalam jumlah warung makanan yang tersebar di kota atau. Proses produksi lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan menggunakan teknologi sederhana. Untuk kebutuhan anda bisa membelinya di dalam jumlah warung makanan yang tersebar di kota atau.

  1. Sop Ikan Batam
sop ikan batam

sop ikan batam

Makanan tradisional khas riau  yang satu ini tidak boleh terangkut saat anda datang ke Kota Batam. Sup ikan Batam umumnya berbahan dasar ikan tenggiri. Kuah sup ini berwarna bening dengan sedikit perasan nipis, dan beberapa tetes kecap asin. Bagi penggemar makanan pedas, anda bisa menambahkan iris cabe rawit untuk menambah citarasa. Kesegaran dan kelezatan sup ini selalu mampu menarik pengunjung untuk menyantapnya.

  1. Kopi Hawaii

Jika anda berkunjung ke Kijang Bintan, jangan lupa untuk kedai kopi yang satu ini. Namanya adalah kedai kopi hawai. Kopi yang di racik di kedai ini memiliki rasa yang khas, berbeda dengan kopi-kopi di kedai lain. Apakah anda Tertarik? Datang lah dan buktikan sendiri. Setiap hal para pecinta kopi memenuhi kedai ini sejak pagi. Oleh karena itu jika anda ingin mencoba, jangan lupa datang lebih awal agar tidak kehabisan tempat duduk.

    10.  Lakse

Lakse adalah makanan khas olahan mie yang dicampur bumbu racik khas Tionghoa dan Melayu. Lakse memiliki bentuk mie yang bulat putih dan sedikit tebal. Lakse masuk ke urutan atas makanan khas riau dan sejarahnya  pun cukup unik. Nama Lakse sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti banyak. Hal ini memiliki maksud mie Lakse dibuat dengan banyak bumbu. 

Lakse di Kepulauan Riau disajikan dalam beberapa macam, salah satunya yaitu Lakse khas Anambas yang termasuk ke dalam kategori Lakse kari dengan kuah yang berlemak dan pedas dan kaya akan rempah.

 

  1. Mie Tarempa
Mie Siantan yang berbahan mie kuning dari tepung terigu, kecambah, telur, dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai ini menjadi unggulan makanan khas riau dan resepnya pun banyak dicari masyarakat. Anda akan mudah menemukan makanan ini jika berada di Kabupaten Anambas. Nah itu baru daftar makanan khas riau bisa  dicoba gambar  yang bisa menjadi referensi bagi anda. resep makanan khas riau  dapat dengan mudah anda temukan di internet.Masih di Pulau Sumatera jangan lupa untuk mengadakan makanan khas padang  di daerah asalnya langsung, lebih nikmat lagi jika anda makan di warung makan padang di daerah anda.

Menyeberang ke Pulau Jawa, coba kota kecil di jawa tengah yaitu Magelang. Setelah berkunjung ke Candi Borobudur , biasanya wisatawan akan menyantap makanan khas magelang  yang kental dengan citarasa jawa. Sampai jumpa di food guide selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *