Makanan Khas Pontianak

Siapa sih yang tidak mengenal Ibu kota provinsi Kalimantan barat ini. Pontianak, kota yang dijuluki kota khatulistiwa ini kerap menjadi sorotan karena letaknya yang dilalui garis ekuator atau garis khatulistiwa. Selain memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, Kota ini juga memiliki makanan khas pontianak yang wajib dicoba oleh wisatwan yang berkunjung. Simak beberapa makanan khas pontianak yang menggugah selera ini.

  1. Bubur Pedas
makanan khas pontianak

Bubur Pedas salah satu makanan khas pontianak yang paling populer

Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas kota pontianak yang paling populer. Kuliner yang satu ini sangat terbilang sangat khas karena menggunakan beragam bahan unik, antara lain daun lengkuas, pucuk daun pakis, dan dauh-daun rempah lainnya, jadi buat ini kaya akan citarasa. Baju bubur pedas diberi juga taburan daun kesum, kangkung, kacang goreng dan juga teri. Hidangan ini sangat pas untuk dijadikan menu sarapan.

 

  1. Burung Punai
makanan khas pontianak

Daging burung punai ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih

Selain bubur pedas, kuliner yang tidak kalah unik adalah olahan Burung Punai. Burung Punai merupakan jenis burung yang mirip dengan burung merpati. Bulunya berwarna hijau dan berparuh kemerahan. Burung punai biasanya ditangkap dengan cara dijaring. Habitatnya terletak di sekitaran Pontianak dan Mempawah. Makanan khas pontianak  ini biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Daging burung punai ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, terasa sangat nikmat jika ditemani nasi hangat dan sambal khasnya.

  1. Mie tiaw Pontianak

KWE TIAW

Hidangan yang satu ini sangat cocok untuk penggemar olahan mie. Apabila anda berkesempatan berkunjung ke Pontianak, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang satu ini. Nama hidangan ini adalah mie tiaw. Anda dapat menemukan hidangan ini di warung mie tiaw. Dua tempat yang menjual mie tiaw yang paling terkenal adalah Mie Tiaw Apollo yang terletak di Jalan Pattimura dan Mie Tiaw 72 yang terletak di Jalan Antasari. Dia kedai mie tersebut terdapat beragam pilihan mie goreng atau siram (rebus). Mie tiaw biasanya dilengkapi dengan daging sapi, daun sawi, jeroan, telur dan toge

  1. Hekeng

Hekeng atau hakong merupakan salah satu makanan khas pontianak dari udang. Hidangan ini terbuat dari campuran daging udang dengan sedikit daging babi yang telah dihaluskan lalu diberi bumbu dan dibungkus dengan kembang tahu kering lembaran. Kemudian hekeng dikukus, dan disimpan terlebih dahulu didalam kulkas. Apabila anda ingin menyajikannya tinggal dipotong potong kemudian digoreng. Sekilas hekeng ini terlihat seperti rolade goreng.

  1. Sotong Pangkong

Makanan khas pontianak kalimantan barat yang satu ini biasanya hanya dapat anda temui ketika bulan ramadhan tiba. Sotong pangkong merupakan makanan yang berbahan dasar cumi. Cumi yang akan diolah menjadi sotong pangkong dikeringkan terlebih dulu, lalu kemudian dipanggang. Setelah dipanggang, sotong dipukul-pukul, hal ini dilakukan untuk membuat dagingnya mejadi lebih empuk. Sotong pangkong ini sangat enak disajikan dengan kuah asam pedas manis atau sambal kacang. ketika dilumuri kuah sambal, perpaduan rasa gurih dan manisnya akan terasa sangat nikmat di mulut.

  1. Bingke

makanan khas pontianak bingke atau biasa disebut kue bingka merupakan kue tradisional yang sekilas terlihat mirip kue lumpur. Kudapan yang satu ini dibuat dari tepung terigu, telur, dan santan. Adonan yang dibuat tidak terlalu kental tersebut lalu dipanggang dengan menggunakan loyang berbentuk bunga. Kue ini memiliki rasa manis dan bertekstur lembut.

Baca Juga:  Makanan Khas Pekanbaru

Dalam perkembangannya saat ini kue bingke memiliki ragam varian, tidak hanya original. Ada bingke labu, tape, kentang, nangka, pandan, cokelat, kelapa muda, hingga keju. Anda dapat memilihnya sesuai selera.

  1. Stik talas

Jika pada mumnya talas dibuat menjadi keripik, di Pontianak talas diolah menjadi makanan khas pontianak talas stik atau stik talas. Cara membuat stik talas ini adalah dengan mengiris talas tipis-tipis seperti stik kebanyakan. Sebelum diolah talas harus dibersihkan sampai benar benar bersih karena jika tidak dapat menyebabkan gatal. Setelah diiris, talas kemudian digoreng hingga renyah dan dibumbui menjadi gurih. Saat ini telah ada banyak varian rasa stik talas mulai dari Original, Keju, Barbeque, Balado, Ayam Bawang, dan Pedas. Harganya berkisar antara 15.000 sampai 60.000 rupiah saja.

  1. Lempok Durian

Lempok durian adalah makanan yang berbahan dasar durian dengan bentuk dan cara pengolahan yang hampir sama dengan dodol. Perbedaan dari dodol dan lempok adalah dodol ditambahkan dengan tepung dengan durian yang hanya sedikit.

Sedangkan lempok menggunakan durian yang banyak, bahkan hampir tidak menggunakan tepung, sehingga menghasilkan rasa yang lebih legit dan manis. Makanan ringan khas pontianak ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan ikon oleh oleh makanan khas pontianak. Lidah buaya ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Sebagai salah satu makanan yang paling populer di Pontianak, lidah buaya diolah menjadi beragam makananan. Mulai dari kerupuk, minuman, cokelat, jelly, dodol, teh seduh dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau di sentra oleh oleh khas pontianak.

  1. Chai kue

Chai Kue merupakan salah satu makanan khas pontianak yang mudah dibuat. Chai berarti sayur karena kue ini berisi beragam sayuran. Hidangan ini dibuat dari tepung beras yang dicampurkan sedikit tepung tapioka, lalu dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menjadi seperti kulit untuk membungkus isianya. Sedangkan, untuk isiannya bisa bermacam-macam seperti bengkuang, kucai, kacang kedelai, keladi, bahkan rebung. Chai Kue yang berbentuk seperti kue pastel ini dapat digoreng ataupun dikukus.

  1. Sirup sengkit

Salah satu oleh oleh khas pontianak yang berupa minuman adalah sirup sengkit. Sirup ini dibuat dari sari jeruk sengkit. Agar jeruk sengkit dapat diolah menjadi sirup, maka harus diawetkan terlebih dahulu dengan cara tertentu menggunakan gula sebagai pengawet. Kulit dari jeruk sengkit ini juga turut diawetkan. Pengawetan tersebut menciptakan perpaduan rasa manis dari gula dan asam dari jeruk. Kulit jeruk yang juga diawetkan pun menjadi manisan yang enak untuk dijadikan kudapan selingan. Satu wadah besar sirup sengkit khas dari Pontianak ini berkisar antara 30.000 hingga 40.000 rupiah.

Baca Juga:  Aneka Minuman dan Makanan Khas Bojonegoro Jawa Timur Bisa Dijadikan Oleh Oleh

Nah saat berlibur ke Pontianak, jangan lupa untuk membeli makanan khas Pontianak  sebagai buah tangan. Semoga daftar diatas bisa menjadi referensi bagi anda untuk dipilih oleh oleh. Setelah dari Pulau Kalimantan , saatnya terbang ke pulau di barat, yaitu pulau Sumatera. Ketik aberkunjung ke Sumatera jangan lupa untuk keperluan makanan khas minangkabau.

Masakan minang yang terkenal dengan rasa pedas dan santannya akan memanjakan lidah anda. Bosan dengan masakan minang, mari menengok makanan khas madura dengan sate sebagai ikonnya. Pulau di ujung jawa timur yang terhubung dengan jembatan suramadu ini memiliki beragam kuliner khas yang tidak ada di daerah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *