Makanan Khas Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibukota provinsi Riau. Meskipun dijuluki sebagai kota bisnis, kota terbesar di Provinsi Riau ini memiliki bayak tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan. Selain banyak destinasi wisata menarik, Pekanbaru tentu memiliki ragam makanan khas Pekanbaru yang menggugah selera. Berikut beberapa makanan dari pekanbaru yang akan membuat anda tidak sabar untuk mencicipinya.

  1. Gulai ikan patin

 

 Gulai ikan patin merupakan hidangan yang berasal dari Pekanbaru

Gulai ikan patin merupakan hidangan yang berasal dari Pekanbaru

Salah satu makanan khas pekanbaru riau yang fenomenal dan menjadi sorotan adalah gulai ikan patin. Gulai ikan patin merupakan hidangan yang berasal dari Pekanbaru yang terdiri dari potongan potongan besar ikan patin yang diguyur kuah yang berwarna kuning pekat dengan tambahan daun kecombrang sebagai penggugah selera. Biasanya Gulai patin disajikan dengan berbagai lauk pelengkap dan berbagai sayuran seperti pucuk daun ubi rebus. Hidangan ini akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.Hidangan gulai ikan patin ini dapat anda temukan dengan mudah di restoran atau warung makan yang ada di Pekanbaru.

 

  1. Asam pedas ikan baung

asam pedas ikan baung

Olahan berbahan dasar ikan yang tidak kalah enak dari gulai ikan patin adalah asam pedas ikan baung. Hidangan ini memiliki citarasa melayu yang kental karena makan ini memang merupakan pengaruh yang dibawa oleh orang Melayu di Sumatera.

Untuk menciptakan rasa asam pedas, masyarakat riau meracik bumbu dengan menggunakan beragam rempah tradisional misalnya bawang merah, kunyit, bawang putih, lengkuas,  jahe, dan serai. Sedangkan rasa asam dihasilkan dari penggunaan asam kandis ataupun air asam Jawa untuk merendam bumbu-bumbu dan juga ikan.

Ikan Baung sendiri adalah satu jenis ikan yang memiliki bentuk yang mirip dengan lele. Ikan ini mempunyai tekstur daging yang lembut yang  padat tanpa duri halus yang berwarnawarna putih terang. Jika dibandingkan dengan ikan patin, ikan baung memiliki daging yang lebih tebal daripada ikan patin.

  1. Nasi Lemak
Baca Juga:  Makanan Khas Tangerang

Nasi lemak merupakan makanan khas Riau yang juga dapat anda temukan di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Nasi lemak biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan oleh orang Melayu. Nama makanan khas melayu yang satu ini berasal dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan daun pandan untuk memberikan cita rasa gurih dan aroma yang harum. Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan lauk-pauk seperti telur, cabai,  ikan teri goreng, sambal, dan irisan mentimun. Selain lauk pendamping, nasi lemak juga kerap disajikan bersama tempe, kacang panjang, tahu, kacang tanah, sate, cumi-cumi, daging, kerang, udang, ikan, limpa, dan petai.

  1. Mieso

Miso atau mieso merupakan makanan khas Pekanbaru yang mudah anda temui di berbagai sudut kota ini. Selain di Pekanbaru, mieso juga dapat anda ditemui di beberapa daerah lain yang seperti Medan dan Pekalongan. Mieso merupakan makanan berkuah yang terdiri dari beragam bahan seperti mie kuning, mie putih, kulit ayam renyah, suwiran ayam, tahu kering, dan potongan tulang ayam. Salah satu penjual mieso yang terkenal adalah mieso Pak Lek yang bisa ditemukan di J. Thamrin Ujung, Pekanbaru.

  1. Sop dan Sate Rusa

Salah satu hidangan khas pekanbaru yang unik adalah sop dan sate rusa. Apabila anda ingin merasakan merasakan sensasi menggigit daging rusa, maka anda wajib mencicipi hidangan khas pekanbaru yang menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya ini.

Dari sekian banyak penjual sop dan sate rusa, ada satu tempat makanan khas pekanbaru paling terkenal yang menjual sop dan sate daging rusa yakni Warung Era 51 yang terletak di Jl. Kaharuddin Nasution No. 31, Pekanbaru. Sate rusa terasa nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Tekstur daging yang khas ditambah dengan cita rasa manis dari bumbu akan memberikan pengalaman baru bagi anda yang baru pertama kali menyicipinya.

  1. Sup tunjang
Baca Juga:  Makanan Khas Palembang

Ketika cuaca yang dingin menyerbu kota Pekanbaru, ada sajian hangat yang siap untuk disantap untuk menghangatkan tubuh. Sup tunjang merupakan makanan khas dari pekanbaru yang berkuah hangat yang bisa disantap ketika cuaca sedang dingin. Sup tunjang berbahan dasar tulang kaki sapi yang masih berbalut dengan sedikit daging.

Tulang-tulang sapi tersebut kemudian direndam ke dalam kuah bening kekuningan dengan beragam bahan pelengkap seperti wortel, tomat, kentang, dan daun bawang. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan aroma rempah yang kuat yang dijamin dapat memanjakan lidah anda.

  1. Lopek Bugi

Kue yang terkenal di seluruh penjuru Indonesia ini  sebenarnya merupakan kue khas provinsi Riau, tepatnya dari kabupaten Kampar. Lopek bugi yang dalam bahasa Indonesia berarti lepat ketan awalnya merupakan kudapan khas yang dibuat untuk kaum bangsawan. Naum dalam perkembangannya  lopek bugi tak hanya disantap oleh orang-orang turunan ningrat, tetapi juga oelh semua masyarakat.

Makanan ringan khas pekanbaru ini dengan mudah dapat anda temukan di warung warung yang berjejer di sepanjang jalan Pekanbaru sampai Bangkinang. Karena tak pernah sepi peminat, kue lopek bugi ini diproduksi dalam jumlah yang banyak setiap harinya.

  1. Kue Bangkit

Kue ini terbuat dari santan kelapa dan tepung sagu. Kue bangkit memiliki tekstur yang halus dan aroma yang khas. Karena terbuat dari tepung sagu, kue ini menjadi rapuh dan langsung lumer saat digigit. Teksturnya hampir mirip dengan kue sagu keju makanan khas jogja.

Kue kering khas melayu ini adalah salah satu kudapan yang wajib ada saat lebaran bagi masyarakat melayu. Kue ini menjadi salah satu kue tradisional yang dapat anda jadikan oleh oleh makanan khas pekanbaru untuk dibawa pulang. Harga per bungkusnya hanya berkisar 20.000 sampai 30.000 saja.

  1. Ikan asap Selais
Baca Juga:  Daftar Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah dan Cara Pembuatannya

Ikan selais merupakan salah satu jenis ikan yang paling dikenal oleh wisatawan asing maupun lokal saat berkunjung ke Pekanbaru. Walaupun sebenarnya wisatawan dapat memilih ikan air tawar lain seperti ikan baung, patin, lele, dan ikan gabus. Tapi kebanyakan ikan yang diasap dan dijual sebagai oleh2 makanan khas pekanbaru adalah ikan selais.

  1. Roti Jala

Roti jala merupakan makanan khas Pekanbaru yang dipengaruhi oleh suku Melayu yang ada di provinsi Riau. Kudapan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu ini biasanya disajikan bersama saus durian yang legit dan manis.

Selain dihidangkan bersama saus, roti jala juga dapat disantap bersama kari daging ayam, kambing, ataupun sapi. Awalnya roti jala hanya dihidangkan di pesta besar seperti pesta pernikahan, namun saat ini anda dapat menemukannya di pasar tradisional maupun di pinggir pinggir jalan.

Nah itu dia daftar makanan khas pekanbaru yang wajib anda coba ketika berkunjung ke sana. Apabila anda ingin mencoba dirumah, resep makanan khas pekanbaru dapat dengan mudah anda temukan di internet. Selain makanan khas pekanbaru, anda juga harus mencoba Makanan Khas Palembang atau makanan khas madiun yang tak kalah lezat seperti kue maco, madumongo, brem, dan lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *