Makanan Khas Palembang

Palembang adalah Ibukota provinsi Sumatera Selatan yang terkenal dengan Jembatan Ampera sebagai ikon wisatanya. Selain memiliki potensi wisatanya, kota dengan populasi tionghoa yang cukup besar ini juga memiliki makanan daerah yang khas. Ada banyak makanan khas Palembang yang menjadi sorotan bahkan sampai ke luar negeri. Berikut beberapa makanan khas tersebut.

  1. Pempek 

    Pempek kapal selam and kulit.

    Gambar by: Wikipedia.com Pempek kapal selam and kulit.

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Pempek merupakan hidangan yang menjadi ikon kota Palembang yang sangat populer. Sejarah makanan khas Palembang ini cukup menarik, ada beberapa versi. Salah satunya adalah pengambilan nama pempek yang diambil dari nama pembuatnya yang bernama Apek.  Dalam perkembangannya saat ini pempek dapat dengan mudah kita temukan di seluruh Indonesia. Hidangan yang terbuat dari ikan yang dicampur tepung atau sagu ini disajikan dengan saus cuko yang nikmat.

Saus cuko adalah saus berwarna kehitaman yang terbuat dari campuran cabe, gula merah, dan udang kering. Ada berbagai varian pempek antara lain pempek tahu, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek kulit, pempek adaan, pempek pistel, pempek udang, pempek belah, pempek lenggang, pempek panggang, dan pempek otak-otak. Meskipun di daerah lain sudah mudah ditemukan pempek, pempek di Palembang mempunyai citarasa original yang tak bisa anda dapat di daerah lain. Resep makanan khas palembang pempek ini dapat dengan mudah anda temukan di internet untuk dipraktekan sendiri di rumah.

 

  1. Tekwan

    Makanan khas Palembang

Hidangan yang berbahan dasar sama dengan pempek ini juga menjadi makanan khas daerah Palembang yang populer. Tekwan berbentuk bulatan bulatan kecil yang hampir mirip bakso ikan, yang disajikan dengan kuah kaldu udang yang lezat. Biasanya tekwan didampingi dengan taburan bawang goreng, daun bawang, seledri, potongan jamur kuping, dan bihun. Tekwan terasa sangat nikmat jika disantap selagi hangat apalagi ditambah sambal khasnya.

  1. Model

sekilas, orang diluar sumatera Selatan tidak akan menyangka jika model merupakan nama makanan. Makanan model khas palembang ini terbuat dari ikan. Pada dasarnya bahan dasar model sama dengan tekwan, yang berbeda adalah proses dan penyajiannya. Model disajikan dengan kuah kaldu udang dengan soun sebagai pelengkap. Biasanya penyajian model juga didampingi dengan udang, timun, jamur kuping dan bawang goreng. Ada dua varian berbeda dari model yaitu model ikan dan model gandum.

  1. Burgo

Burgo makanan khas Palembang yang terbuat dari tepung beras ini merupakan salah satu makanan khas yang unik dan tidak ada di daerah lain. Sekilas memang hidangan ini terlihat seperti dadar Gulung, hanya saja penyajian makanan ini menggunakan kuah. Kuah dari bergo ini terdiri dari kombinasi dari bumbu halus dan santan kelapa. Makanan khas Palembang yang satu ini sangat lezat dengan siraman kuah kental yang gurih selagi hangat, ditambah irisan lontong yang menggoda.

  1. Lempok Durian

Lempok merupakan makanan yang hampir mirip dengan dodol, hanya saja tidak dicampuri beras ketan. Makanan ringan khas Palembang yang satu ini menjadi favorit masyarakat terutama bagi penggemar durian. Kudapan ini dibuat dengan daging durian asli dengan gula sebagai pengawetnya.

  1. Laksan

Makanan yang juga berbahan dasar daging ikan dan tepung sagu ini juga merupakan favorit wisatawan yang berkunjung ke Bali. Laksan merupakan pempek lenjer yang tebal dan dipotong melintang. Jika pempek disajikan dengan kuah cuko, laksan disajikan dengan kuah santan kental dengan perpaduan rasa pedas dan gurih yang nikmat. Cara membuat makanan khas Palembang ini cukup mudah, resepnya dapat anda temukan di buku masakan maupun di internet.

  1. Mie celor

Makanan khas Palembang yang satu ini bisa dikatakan adalah saudara jauh dari mie aceh. Mie celor disajikan dengan kuah santan kaldu ebi yang gurih. Mie celor merupakan makanan khas palembang selain pempek yang menjadi favorit masyarakat. Setiap wisatawan yang sedang berkunjung atau hanya melintas di Palembang pasti menyempatkan untuk menyantap hidangan ini, karena mie celor sangat jarang ada di luar Palembang. Hidangan ini sangat cocok dijadikan menu sarapan.

  1. Otak otak cuko

Otak otak tentu bukan nama yang asing di telinga kita. Makanan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Di Sumatera Selatan ada makanan khas dari Palembang yang berbahan dasar otak otak yaitu otak otak cuko. Kuah cukonya itulah yang membedakan dengan otak otak lain yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang. Otak otak cuko ini biasanya dibuat dengan ikan tengiri. Adonan otak otak dibungkus daun pisang kemudian dibakar, sehingga memberikan aroma khas daun pisang yang menggugah selera.

  1. Lenggang

Lenggang merupakan hidangan olahan dari ikan yang dicampur dengan  kocokan telur. Adonan ini diletakkan diatas daun pisang kemudian dipanggang. Perpaduan aroma daun pisang dengan arang hitam menimbulkan aroma khas yang sangat menggugah selera. makanan khas Palembang yang terkenal akan aroma khasnya ini dapat anda temukan dengan mudah di warung yang menjual pempek.

  1. Brengkes tempoyak

Tempoyak merupakan makanan khas Kota Palembang yang cukup menarik dan unik. Brengkes berarti pepesan, dan tempoyak berarti makanan dengan bahan berupa durian dengan campuran garam. Makanan ini berbahan dasar ikan patin yang dipepes bersama bumbu. Yang menarik dari tempoyak ini adalah bumbunya yang terbuat dari durian yang difermentasi. Rasa khas yang unik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

  1. Kue Lapis Kojo

Kudapan ini identik dengan Hari raya di Palembang. Pembuatan Kue Kojo ini menggunakan banyak telur bebek dan telur ayam. Biasanya kue ini juga diberi pewarna alami hijau yaitu daun suji atau pandan. Makanan khas Palembang yang satu ini memiliki rasa manis yang khas dengan sedikit gurih yang melengkapi cita rasa Kue Kojo ini. Kue ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk dijadikan oleh oleh ketika anda mengunjungi Palembang.

  1. Kemplang

Ini dia salah satu kudapan khas Palembang yang menjadi favorit wisatawan untuk dijadikan oleh oleh. Kemplang merupakan kerupuk yang berbahan dasar ikan tengiri atau ikan gabus. Ada banyak macam kemplang diantaranya adalah kemplang keriting, kemplang koin, dan kemplang mangkuk. Kudapan ini dapat anda temukan dengan mudah di toko oleh oleh maupun di pasar tradisional dengan harga berkisar antara 15.000 sampai 40.000 rupiah per kilogramnya.

 

Itulah tadi beberapa makanan khas Palembang dan cara membuatnya yang sangat mudah untuk dipraktekan di rumah. Tidak sabar untuk mencobanya bukan?. Selain makanan khas Palembang, ada makanan khas dari Lampung yang tidak kalah menggiurkan.

Makanan khas Lampung memiliki rasa yang hampir serupa dengan makanan Palembang karena memang masih serumpun. Setelah Lampung, terbang ke Timur jangan lupa untuk menilik makanan khas Maluku. Makanan dari Maluku memang tidak banyak dikenal orang Indonesia, namun telah dikenal dunia internasional. Keunikan dan unsur tradisionalnya ini yang membuat makanan khas Maluku banyak menarik wisatawan asing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *