Makanan Khas Padang

Makanan Khas Padang Dari mulai rendang, sate Padang, dendeng balado, karupuak, hingga beraneka macam gulai, tidak mungkin jika anda tidak menggemari makanan khas Padang Sumatera Barat.

Beberapa makanan khas kota Padang ini dapat kita temui di rumah makan Padang yang telah menjamur di seluruh penjuru nusantara.

Namun apabila anda ingin mencicipi rasa asli kuliner khas Padang, anda wajib berkunjung ke Kota aslinya.

Berikut beberapa makanan khas kota Padang yang wajib anda coba jika berkunjung ke Kota Padang.

Rendang

Makanan Khas padang

Rendang merupakan salah satu nama makanan khas Padang yang paling terkenal baik di Indonesia maupun di luar negeri. Makanan yang berbahan utama daging sapi, rempah, dan santan kental ini sangat disukai oleh masyarakat karena terasa sangat cocok di lidah.

Tak heran jika rendang pernah dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia oleh CNNGo. Salah satu keunggulan makanan khas Minang ini adalah tahan lama dan tidak mudah basi, apabila dimasak dengan benar.

Rendang juga merupakan salah satu resep makanan khas Padang yang paling dicari oleh penggemar kuliner nusantara.

 

Sate Padang

Siapa yang tidak mengenal sate?. Sate merupakan salah satu makanan khas nusantara yang terkenal di dunia. Salah satu jenis sate yang banyak digemari adalah sate Padang.

Umumnya sate terbuat dari daging ayam atau daging kambing, sedangkan sate Padang terbuat dari daging, lidah dan jeroan sapi.

Ciri khas dari sate Padang ini adalah sausnya. Dimana sate pada umumnya menggunakan saus kacang atau saus kecap, sedangkan sate Padang menggunakan saus yang kental dan gurih berwarna kuning kecoklatan.

Salah satu sate Padang yang terkenal adalah sate Padang Mak Syukur yang merupakan makanan khas Padang Panjang. Rugi rasanya berkunjung ke Padang Panjang tanpa mencicipi sate yang menjadi ikon kota ini.

Baca Juga:  Makanan Khas Riau

 

Dendeng Balado

Penikmat makanan pedas akan sangat menyukai makanan yang satu ini. Makanan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan dicampur bumbu balado ini merupakan salah satu primadona makanan khas Padang.

Daging yang diiris tipis dibumbui dan dipukul pukul hingga memar, kemudian dicampur sambal balado yang terdiri dari cabai yang diulek kasar. Ada dua jenis dendeng balado yaitu basah dan yang irisan dagingnya dikeringkan dahulu agar tahan lama.

Karena tahan lama, dendeng balado kering menjadi favorit masyarakat sebagai makanan khas Padang untuk oleh oleh. Hampir setiap toko oleh oleh menyediakan dendeng balado kering yang tidak pernah sepi peminat.

 

Ayam Pop

Ketika anda mengunjungi rumah makan Padang pasti anda akan menemukan makanan ini. Ayam pop merupakan olahan daging ayam yang memiliki keunikan tersendiri dalam proses pembuatannya, yaitu direbus di dalam air kelapa yang dicampur bumbu rempah.

Meskipun pembuatannya terlihat sederhana, namun rasanya sangat gurih dan nikmat apalagi jika disandingkan dengan sambal khasnya. Rasa gurih yang khas inilah yang membuat ayam pop menjadi salah satu unggulan dari makanan khas Padang dan resepnya pun banyak dicari oleh masyarakat karena proses pembuatannya yang sederhana.

Kerupuk Sanjai

Tidak hanya makanan berat, makanan ringan khas Padang juga tidak boleh terlewatkan. Kerupuk Sanjai merupakan salah satu makanan ringan yang digemari oleh wisatawan yang berkunjung ke Padang untuk dijadikan oleh oleh.

Makanan yang dalam bahasa Minang disebut karupuak Sanjai ini berbahan dasar singkong yang diiris tipis tipis kemudian digoreng dan disiram dengan bumbu sambal yang umumnya terdiri dari gula pasir, cabai, bawang putih dan sedikit cuka.

Karupuak sanjai Balado merupakan varian karupuak makanan khas Padang yang paling digemari masyarakat. Masyarakat biasanya menyebutnya keripik Balado.

 

Karupuak jangek

Makanan khas Padang Bukittinggi yang satu ini juga merupakan salah satu makan ringan yang digemari untuk dijadikan oleh oleh. Kerupuak jangek sendiri merupakan istilah Minang dari kerupuk kulit.

Baca Juga:  Makanan Khas Tangerang

Kerupuk ini dibuat dari kulit sapi yang telah direbus dan dibersihkan dari bulu bulu halusnya, digarami, lalu dipotong potong kemudian dijemur hingga mengering.

Sebagai oleh oleh, anda dapat memilih kerupuk yang telah siap saji ataupun kerupuk mentah yang dapat anda goreng sendiri di rumah.

 

Gulai Kapalo Lauak

Gulai kapalo lauak atau yang dalam bahasa Indonesia adalah Gulai kepala ikan, merupakan sajian makanan berkuah santan dengan kepala ikan. Umumnya kepala ikan yang dijadikan gulai adalah kepala ikan tuna.

Sajian yang merupakan ikon dari makanan khas Padang Pariaman ini, memiliki rasa nikmat yang khas perpaduan antara kepala ikan yang segar dan kuah santan yang kental. Membayangkannya saja tidak cukup. Anda harus mencicipinya jika anda berkesempatan mengunjungi Pariaman.

 

Lamang tapai

Hampir setiap daerah di Minangkabau menyediakan sajian kuliner yang satu ini. Lamang tapai merupakan makanan pembuka khas Padang yang memiliki rasa khas manis dan asam. Lamang terbuat dari olahan beras ketan yang dimasak dengan medium bambu muda dan disajikan berpadu dengan tape atau masyarakat Minang menyebutnya tapai.

Lamang tapai akan mudah ditemui di bulan Ramadhan sebagai sajian untuk berbuka puasa. Namun di luar bulan Ramadhan pun anda dapat menemukannya di pasar pasar tradisional.

 

Nasi Kapau

Sajian ini mungkin sering kita nikmati di rumah makan Padang, namun banyak orang yang tidak mengetahui namanya. Sajian yang terdiri dari nasi, sambal, lauk pauk khas Padang, dan gulai nangka ini merupakan makanan khas Padang Sidempuan yang menjadi kuliner favorit masyarakat. Para wisatawan yang sedang berkunjung ke Sidempuan ataupun hanya sekedar melintas tak pernah melewatkan untuk menikmati sajian yang ramah di lidah ini.

Baca Juga:  Daftar Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah dan Cara Pembuatannya

 

Roti randang

Penggemar berat rendang pasti tidak akan melupakan oleh oleh makanan khas Padang yang satu ini. Inovasi baru dari produk olahan sajian kuliner rendang ini menjadi salah satu favorit wisatawan.

Makanan ini terbuat dari gandum yang diisi dengan rendang dan ditaburi biji wijen di atasnya. Rasa khas rendangnya akan sangat terasa ketika anda menggigitnya. Roti randang ini dapat dengan mudah anda temukan di toko oleh oleh dengan harga yang terjangkau.

 

Gulai Paku

Sajian kuliner ini dapat menjadi salah satu alternatif makanan khas daerah Padang bagi vegetarian. Sajian khas Padang Pariaman ini berbahan dasar daun pakis yang dimasak dengan kaldu udang rebus yang dipadukan dengan santan (saus kelapa).

Biasanya gulai paku disajikan dengan mie atau ketupat, atau orang Minang menyebutnya ketupek.

Perpaduan dari kaldu udang dan santan menimbulkan cita rasa gurih yang khas dan nikmat. Makanan khas Padang ini sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan.

 

Itulah tadi food guide untuk beberapa makanan khas Padang beserta resepnya yang dapat anda jadikan referensi. Selanjutnya kalian dapat melihat food guide dari daerah lain yang tak kalah nikmatnya.

Di Jawa barat ada makanan khas indramayu seperti dodol mangga, nasi lengko, koci, burbacek, dan lain sebagainya. Jawa tengah juga memiliki makanan khasnya sendiri. Di Kota Kudus, ada beberapa makanan khas Kudus yang sangat populer seperti soto Kudus, Lentog, Nasi Pindang, sate Kerbau, dan Lain sebagainya.

Selain itu anda juga wajib menilik makanan khas Magelang yang tak boleh ketinggalan seperti getuk, tape muntilan, tahu kupan, slondok, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *