Daftar Makanan Khas Banyumas Jawa Tengah dan Cara Pembuatannya

Berbicara tentang wisata kuliner, bangsa kita ini mempunyai makanan khas yang beragam dengan selera rasa yang berbeda-beda. Ada makanan dengan rasa khas pedas, gurih, dan kental bersantan. Dari makanan-makanan khas lidah daerah tersebut, muncul ide-ide pengembangan usaha dengan membuka resto di berbagai daerah. Rasa yang dibuat pun bercita rasa sama, namun menyesuaikan dengan selera daerah yang ada. Meski demikian, rasa asli daerah asal tetaplah yang paling nikmat. Orang-orang Indonesia benar-benar pandai mengolah bumbu dan rasa. Mari awali pagi ini dengan mencicipi menu makanan khas Purwokerto Banyumas.

Tempe Goreng Mendoan

Sarapan pagi cocok dengan cemilan goreng-gorengan ini. Yang membedakan tempe goreng biasa dengan makanan khas Banyumas mendoan adalah tambahan daun bawang pada campuran gandum dengan bumbunya yang diencerkan. Daun bawang menambah rasa gurih. Ditambah dengan lalapan cabai rawit atau cocolan sambal yang ekstra pedas. Dijamin, Anda tidak akan berhenti mencomot mendoannya sampai tak tersisa di piring saji.

Mendoan Makanan Khas Banyumas

Soto Khas Sokaraja Banyumas

Hampir setiap daerah mempunyai masakan khas soto. Tetapi, makanan khas Banyumas Jawa Tengah ini juga mempunyai ciri khas tersendiri dengan tambahan-tambahan bahan lainnya dari makanan utamanya yaitu kuah santan, bihun, ayam suwir, dan taoge, yakni tambahan irisan ketupat dan sambal kacang. Bagi Anda yang suka pedas, bisa ditambahkan sambal cabe merah dan kecap sebagai penambah rasa manis.

Soto Sokaraja Salah satu makanan khas sokaraja yang di minati

Nopia

Makanan khas Banyumas nopia ini dibuat dengan cara yang unik. Sebenarnya sama saja dengan dipanggang. Hanya cara memanggagnya saja yang berbeda. Untuk membuat nopia ini matang, nopia biasanya diletakkan di dalam gentong yang diletakkan di atas bara api. Kulit nopia ini keras namun tidak renyah seperti kerupuk. Ada beberapa varian rasa, seperti coklat, nanas, durian, dan rasa buah lainnya.

Mino

Mino sama seperti nopia, hanya bentuknya saja yang menjadi pembeda. Mino berukuran lebih kecil dibanding nopia. Tetapi, rasa yang ditawarkan tetaplah sama. Anda bisa mencari resep lengkap makanan khas Banyumas dan cara pembuatannya melalui mesin pencari ataupun aplikasi memasak.

Baca Juga:  Makanan Khas Tangerang

Cimplung

Cimplung merupakan salah satu makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong. Bahan dasarnya sangatlah sederhana, yaitu air badeg, kelapa muda, tales, dan ketela pohon. Makanan ini nikmat tersaji di saat panas. Bisa menjadi makanan pengganti nasi, karena makanan ini sudah kaya akan karbohidrat.

Cimplung Budin

Cenil

Makanan ini hampir sama dengan makanan khas daerah lain yaitu cethil. Hanya saja tekstur cenil ini tidak sealot cethil dan biasanya diberi warna merah muda. Cenil dibuat dari bahan dasar tepung tapioka. Resep makanan khas Banyumas yang satu ini bisa Anda coba sendiri di rumah sebagai camilan sehat

Lupis

Lupis merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan. Lupis ini dikukus dengan dibungkus daun pisan. Daun pisang terlebih dahulu disuwir menjadi kecil memanjang, dan beras ketan diletakkan dengan panjang kurang lebih 5 cm. Ditutup kembali dengan daun pisang kemudian dilipat dan ditali. Lupis ini akan lebih maknyus dengan tambahan kinco dan parutan kelapa.

Kraca

Kreasi memasak keong ala Banyumas. Di Banyumas, keong ini dimasak dengan kuah santan kental seperti rica-rica yang berbumbu cabai merah. Makanan khas Banyumas dan bahan dasarnya ini bisa Anda dapat dengan mudah ketika memasuki bulan puasa.

Ciwel

Makanan khas Banyumas ciwel juga merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Ciwel ini juga bercita rasa alot. Berwarna hitam, terkadang coklat tua. Di atasnya diberi taburan parutan kelapa. Ciwel biasanya dijual berdampingan dengan lupis dan cenil, kemudian diberi tambahan gula merah yang dicairkan.

Tegean

Tegean adalah nama khas untuk makanan jenis sop dengan kuah bening dan taburan bawang merah goreng. Akan tetapi, yang menjadi ciri khas adalah sayur mayurnya yang dimasak yaitu kedelai hitam dengan kecambahnya, daun katuk, dan daun bayam. Serta yang membuat sop ini begitu menggoda adalah tambahan tumbukan rempah-rempah kencurnya. Wah, segar di tenggorokan.

Baca Juga:  Makanan Khas Riau

Lanting

Adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong. Dibentuk bulat seperti cincin namun berukuran besar. Rasanya renyah. Cocok sebagai cemilan maupun suguhan untuk menyambut tamu. Sekarang, lanting ditabur bumbu yang semakin variatif, seperti jagung, keju, dan balado.

Jenang Jaket

Sama seperti jenang-jenang di tempat lain, jenang khas Banyumas juga terbuat dari gula gula merah dan tepung beras ketan. Proses pembuatannya memakan waktu cukup lama dan menguras energi, karena harus mengaduk bahan-bahan yang ada dengan tekstur alot dalam jumlah banyak. Pengadukan ini sudah selesai dilakukan jika jenang sudah mulai berminyak dan tidak lengket.

Gethuk Goreng Sokaraja

Makanan yang terbuat dari singkong yang digiling hingga lembut kemudian diberi pemanis gula dan santan. Gethuk tanpa penggorengan saja rasanya sudah nikmat. Gethuk goreng Purwokerto ini rasanya manis dan gurih. Benar-benar mantap!

Dage

Dage merupakan goreng-gorengan layaknya tempe mendoan. Namun dage ini terbuat dari ampas kelapa. Selain digoreng, dage juga bisa dijadikan lauk makan nasi dengan dimasak oseng cabe hijau. Bisa pula digoreng dengan diiris tipis, sehingga akan terasa seperti kerupuk. Biasanya orang Banyumas menyebutnya dengan keripik dage.

Temlek

Makanan khas banyumas gembus ini berasal dari ampas tahu. Cara penyajiannya sama seperti menggoreng tempe pada umumnya, akan tetapi temlek digoreng dengan dibalut tepung beras dan digoreng garing. Kemrius!

Keripik Tempe

Sama dengan tempe mendoan. Hanya saja, keripik tempe diiris lebih kecil dan tipis, serta gandum yang encer, sehingga rasanya lebih renyah. Kini, keripik tempe atau tempe keripik telah tersebar di berbagai daerah. Bahkan di daerah lain, tempe keripik dibuat dengan aneka rasa yang lebih bervariasi, seperti keju, jagung manis, pedas manis, dan sebagainya serta dibungkus dengan plastik yang menarik.

Tempe Bongkrek

Varian dari tempe lainnya. Walau namanya tempe, tetapi tempe bongkrek tidak terbuat dari tempe, melainkan ampas kelapa yang dibusukkan. Mungkin saja, Anda sudah tidak lagi mendengar nama makanan ini, sebab selain dinilai kurang baik untuk tubuh, tempe bongkrek dapat mematikan karena mengandung senyawa yang berbahaya. Anda dapat menemukan banyak makanan khas Banyumas dan nutrisinya di berbagai situs internet.

Baca Juga:  Makanan Khas Palembang

Jalabia

Jalabia adalah donat khas Banyumas yang terbuat dari ketela. Meski berbentuk seperti donat kentang pada umumnya, namun rasanya tidak selembut donat biasa. Jalabia cocok sebagai teman ngopi saat bersantai bersama teman-teman.

Kluban

Kluban dibuat dari sayur-sayuran hijau yang direbus hingga matang dan diberi bumbu kelapa parut mentah yang telah dicampur dengan bawang putih dan cabai. Rasa gurih kelapa lumer bersama pedasnya sambal cabai dan segarnya sayur mayur. Maknyuss!

Kuban

Gesret

Singkong benar-benar kaya manfaat dan kreasi. Singkong bisa dimasak dengan aneka rupa pengolahan dan rasa. Salah satunya gesret ini. Gesret juga terbuat dari singkong yang diparut. Namun diparut dengan alat khusus sehingga berbentuk seperti mie. Setelah diparut, potong-potongan singkong dicampur dengan gula merah dan dikukus. Setelah matang, gesret dipotong dan ditaburi kelapa parut.

Intil

Lagi-lagi singkong dan gula jawa. Intil diparut dengan parutan halus dan dicampur dengan gula merah. Setelah tercampur rata, bahan-bahan intil dikukus hingga matang. Makanan dari singkong ini bermanfaat sebagai pengganti nasi, karena mengenyangkan dan mengandung karbohidrat.

Kepok

Kali ini, lagi-lagi makanan khas dengan beras ketan dan parutan kelapa. Beras ketan dimasak hingga matang lalu dicetak berbentuk kerucut tumpul dengan mangkuk bertabur kelapa parut yang dibumbui garam. Gurih, sedap.

Bagaimana? Tentu dari list satu ke list lainnya Anda sudah membayangkan betapa lezatnya makanan khas Banyumas orang Ngapak ini. Makanan-makanan tersebut dapat Anda temui di berbagai pasar tradisional. Anda juga bisa membuatnya sendiri karena bahan dan langkah membuatnya begitu sederhana dan mudah didapat. Selamat memasak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *