Aneka Minuman dan Makanan Khas Bojonegoro Jawa Timur Bisa Dijadikan Oleh Oleh

Terbang ke Jawa Timur dan tinggal landas di Kabupaten Bojonegoro . Pernahkah Anda berkunjung ke salah satu kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini? Pergi berwisata ke tempat ini. Berbicara mengenai wisata kuliner Bojonegoro, kabupaten yang penuh dengan sejarah ini memiliki rasa yang khas dalam masakan. Sebetulnya, makanan-makanan yang ada sudah tidak dikenal lagi dengan makanan khas daerah mana atau dari mana asalnya, karena sudah banyak ada di berbagai kota. Meski demikian, makanan enak di daerah asalnya akan terasa lebih nikmat. Aneka makanan khas Bojonegorodi bawah ini mungkin akan membuat anda menelan lidah ingin segera terjaga, terutama bagi anda yang belum pernah merasakan masakan khas lidah Jawa. Bagi Anda yang sudah pernah prakt, rasakan kekhasan lain dari makanan Bojonegoro ini.

Gethuk Khas Bojonegoro
orang Jawa tidak bisa terlepas dari akar-akaran yang satu ini, singkong. Hampir di segala medan memiliki aneka makanan khas Bojonegoro yang berbahan dasar ubi-ubian ini. Begitu pula dengan Kabupaten Bojonegoro. Makanan khas Bojonegoro Jawa Timur sama seperti makanan tradisional di tempat lain. Gethuk Bojonegoro biasanya berwarna putih dan kuning. Tak lupa, teman wajib gethuk ini adalah parutan kelapa dan dikenal dengan nama Gethuk Lindri.

Getuk Lindri

Ledre diserahkan
ke Bojonegoro, tak lengkap rasanya bila tak membawa pulang ledre. Makanan ringan khas Bojonegoro ini sudah populer dan dikenal baik oleh para pecintanya. Anda yang belum tahu apa itu ledre, ledre dibuat dari campuran gula, terigu, dan pisang sebagai bahan utama. Ledre disajikan dengan digulung. Kamu bosan rasa pisang? Kini ledre hadir dengan berbagai pilihan rasa. Kacang hijau, stroberi, durian, dan lain sebagainya. Harga ledre bermacam-macam tergantung rasa. Kini, ledre dalam satu wadah kardus kecil. Sudah ada banyak toko yang menyediakan ledre. Anda yang tinggal di tempat jauh, tidak harus datang ke Bojonegoro hanya untuk tema ledre, sebab ledre juga dijual secara online.

Ledre

Wedang Tape
Saat yang lain menyeduh tape dengan air panas saja, Jawa Timur memiliki makanan dan minuman khas Bojonegoro yang disatukan menjadi satu minuman baru yang segar dan berbeda. Kaset Wedang Tape adalah ketan yang dibumbui ragi dan didiamkan selama beberapa hari. Istimewanya tape Bojonegoro adalah terbuat dari ketan hitam. Untuk membuat wedangnya, tape dicampur dengan kuah santan panas.

Kue Putu
Kue Putu terbuat dari gula jawa dan tepung beras yang dikukus. Setelah matang sempurna, kue putu diberi parutan kelapa mentah di atasnya. Berbeda dengan kue putu di tempat lain, kue putu Bojonegoro dengan bambu yang berbentuk kecil dan hasil cetakannya adalah bentuk tabung. Putu khas kota ini diberi warna putih atau hijau.

Keripik Tempe
Ternyata, Kabupaten Bojonegoro juga memiliki makanan khas Bojonegoro selain ledre. Tempe keripik dibuat dengan tempe yang diiris tipis, biasanya dilakukan dengan mesin pemotong. Tempe yang telah terpotong ke dalam gandum yang telah diberi bumbu dan dicairkan, lalu digoreng dengan minyak panas. Kriukk!

Klepon
Oleh-oleh makanan khas Bojonegoro yang satu ini terbuat dari beras ketan dan tepung beras yang diberi pewarna khas hijau. Di dalamnya ada isian gula jawa yang telah disisir. Klepon dibuat dengan cara direbus. Setelah matang, dicampur dengan parutan kelapa segar. Saat masuk ke mulut, rasa manis dan gurih berpadu dengan gula jawa yang pecah dimulut. Klepon bisa anda jumpai di penjual tradisional. Biasa, klepon dijual bersama dengan gethuk dan kue putu.

Salak Wedi
Bukan hanya ledre makanan khas Bojonegoro. Buah-buahan yang satu ini juga hanya dimiliki oleh kabupaten Angling Dharna saja. Dinamakan salak wedi karena rasanya yang manis dan bertekstur kasar seperti wedi. Dalam bahasa indonesia, wedi berarti pasir. Hampir setiap rumah di Kabupaten Bojonegoro memiliki pohon salak wedi. Memenuhi para pecinta buah salak, warga adat acara acara salak yang menyediakan segunung salak yang bisa dimakan secara gratis oleh pengunjung. Anda bisa melihat jadwal festival ini di dunia maya untuk turut meramaikan festival salak di Kabupaten Bojonegoro.

Belimbing Ngringinrejo
Buah belimbing ini berasal dari Desa Ngringin, Kabupaten Bojonegoro. Rasa, bau, dan citarasanya khas manis dan segar. Belimbing Ngringinrejo cocok untuk membantu anda yang sedang dalam program diet. Pas dilalap pada siang hari saat cuaca panas. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buah sekitar Bojonegoro, terutama yang terkait dengan Desa Ngringin saat sedang musim berbuah.

Singget
Selain populer dengan makanan khas ledrenya yang mengIndonesia, Bojonegoro memiliki segelas minuman khas sejenis jamu yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai penghangat tubuh saat tubuh terasa pegal dan masuk angin. Singget terbuat dari campuran beras kencur, jeruk nipis, arak, dan anggur kolesom. Hati-hati saat mengkonsumsi, karena jika terlalu banyak dapat memabukkan. Minuman Singget bisa dibeli di warung-warung angkringan yang menjual singget dan di toko-toko jamu.

Bubur Tliweng
Bubur Bojonegoro ini memiliki rasa yang gurih dan sedap. Sebab, udara yang digunakan untuk membuat bubur ini berasal dari kuah kaldu ayam. Hampir sama seperti bubur ayam, namun ada tambahan tahu goreng dan ebi. Dalam penyajiannya, bubur tliweng ditaburi irisan daun bawang, seledri, suwiran ayam, serta krupuk pangsit atau kerupuk bawang. Pas untuk sarapannya panas.

Ender-ender
Ender-ender adalah keripik ubi khas Bojonegoro yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pas disajikan untuk cemilan dan teman ngeteh di sore hari. Keripik khas Bojonegoro memiliki dua rasa, manis dan gurih. Anda wajib mententengnya sebagai oleh-oleh kembali pulang dari Bojonegoro. Ender-ender bisa Anda temukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Demikian review makanan khas Bojonegoro yang bisa anda catat nama dan resepnya. Jika ingin lebih hemat, Anda dapat menggunakan sendiri di rumah, karena bahan-bahanya sederhana dan mudah didapat. Sungguh, Anda akan terbentuk sedang-sedang sedang berada di Kabupaten Bojonegoro. Menikmati aneka cemilan khas di bawah langitnya yang cerah sambil berdestinasi wisata bisa menjadi ide bagus untuk menghabiskan waktu liburan panjang anda. Jangan lupa membeli makanan ringan khas Bojonegoro sebagai tanda cinta Anda pada masakan khas Indonesia ini. Selamat berwisata kuliner!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *